Cara Memasak Bandeng Pindang Srani Yang Enak

Jikalau sebelumnya saya telah menuliskan sebuah resep ikan bandeng yaitu "Bandeng Bumbu Bali", maka pada saat ini ikan bandeng yang penuh dengan manfaat dan vitamin ini akan hadir dengan gaya baru. pastinya lebih enak, lebih memikat, dan lebih menggugah selera. ok, resep yang akan saya share dan kita pelajari bersama-sama adalah Bandeng Pindang Srani, namanya aja bandeng pindang srani, sudah pasti menu ini berbahan dasar ikan.. ikan apa? ya sudah jelas ikan bandeng lah.

Cara Memasak Bandeng Pindang Srani, resep ikan bandeng

Baik langsung saja kita kumpulkan semua alat dan bahan yang kita perlukan untuk memasak ikan bandeng kesukaan saya ini, hmm.. saya sudah tidak sabar lagi pengen makan bandeng pindang srani yang lezat ini.

Pertama-tama cari dan sediakan; 
1. Sediakan 5 cm kunyit.
2. Sediakan 5 cm jahe.
3. Sediakan 5 cm lengkuas.
4. Sediakan 2 buah cabai merah.
5. Sediakan 6 butir bawang merah.
6. Sediakan 2 siung bawang putih.
7. Sediakan 500 gram ikan bandeng.
8. Sediakan 1 buah asam jawa.
9. Sediakan 1 batang serai.
10. Sediakan 1 lembar daun salam.
11. Sediakan 2 sdm kecap manis.
12. Sediakan 1 sdt garam.
13. Sediakan 1gelas air.
14. Sediakan lidi satai secukupnya.

Apabila semua bahan sudah terkumpul, pastikan kembali bahwa kompor gas yang akan digunakan dalam keadaan yang sempurna dan baik-baik aja, demi keamanan bersama. memasak bandeng pindang serani tidaklah terlalu sulit, malahan sepertinya ini merupakan hal yang sangat mudah sekali.. langkah pertama untuk mengetahui ara memasak bandeng pindang srani yang enak adalah;

1. Bersihkan ikan dan masing-masing dipotong menjadi 4 bagian.

2. Ambil kunyit, jahe, lengkuas, cabai merah, bawang merah dan bawang putih untuk ditusuk menggunakan tusuk sate, dan buat sama persisi seperti sate. kemudian bakar rempah tersebut hingga tercium bau harum.


3. Masukkan ikan ke dalam wadah seperti panci yang akan kita pergunakan untuk memasak, kemudian masukkan bumbu yang telah dibakar tadi, masukkan juga asam jawa, serai (yang telah dimemarkan), daun salam, kecap manis, dan garam.

4. Aduk secara merata, dan terus masak hingga ikan matang dan berubah warna.

5. tuangkan air lalu aduk perlahan sambil dimasak dengan api yang tidak terlalu besar.. sampai bumbu meresap dan tulang ikan pun menjadi empuk.

6. lalu angkat, (resep ini dibuat untuk 4 porsi).

Demikian resep untuk memasak bandeng pindang srani yang super enaknya.. super vitaminnya.. apabila anda berniat untuk mencobanya di rumah, saya sarankan untuk memilih ikan bandeng yang masih segar.. karena itu mempengaruhi kualitas masakan kita nantinya. terimakasih atas perhatiannya, semoga ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, amin. sampai jumpa, dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »