Cara Memasak Gulai Ikan Mas Yang Enak

Ikan mas yang bernama latin cyprinus carpio adalah ikan yang banyak kita temukan di kolam-kolam pemancingan, ikan mas juga merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi pilihan kebanyakan orang untuk dimasak dan disajikan dengan berbagai cara.. alasan mengapa ikan mas banyak digemari adalah karena dagingnya yang tebal dan juga empuk, selain itu ikan mas juga sangat mudah untuk dibudidayakan. sampai pada waktu ini saya akan memberikan sebuah tips dan resep gulai ikan mas untuk mengolahnya menjadi sebuah sajian yang tidak kalah enak dengan masakan lainnya.

Cara Memasak Gulai Ikan Mas Yang Enak, resep ikan mas enak

Berikut ini adalah resep atau cara memasak gulai ikan mas agar enak dimakan, dan anda pun dijamin menjadi ketagihan;

Bahan-bahan yang diperlukan;
1. Sediakan 1 ekor ikan mas (seberat 600 gram).
2. Sediakan 1 sdm air jeruk nipis.
3. Sediakan 1 sdt garam.
4. Sediakan 150 gram bumbu dasar kuning.
5. Sediakan 5 buah cabai besar merah.
6. Sediakan 10 lonjor kacang panjang.
7. Sediakan 2 batang kecombrang.
8. Sediakan 3 cm lengkuas.
9. Sediakan 5 batang serai.
10. Sediakan 5 cm jahe.
11. Sediakan 8 lembar daun jeruk.
12. Sediakan 2 buah asam gelugur.
13. Sediakan 2 sdt garam.
14. Sediakan 1 sdt merica bubuk.
15. Sediakan 2 sdt gula pasir.
16. Sediakan 600 ml santan (dari 1 butir kelapa)

Apabila bahan-bahan yang diperlukan sudah terkumpul, langsung saja kita beralih ke proses pembuatan cara memasak gulai ikan mas yang enak

1. Siangi ikan dan kemudian dicuci hingga bersih, lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. diamkan selama 10 menit, kemudian cuci kembali sampai bersih. tiriskan dan lumuri dengan bumbu dasar kuning dan cabai merah yang telah dihaluskan.
2. Potog-potong kacang pajang, lalu masukkan ke dalam perut ikan.
3. Sediakan wajan dengan api yang tidak terlalu besar, kemudian masukkan batang serai yang telah dimemarkan, irisan kecombrang, lalu letakkan ikan mas yang sudah dibumbui di atasnya. lengkuas, jahe, asam gelugur, garam merica, dan gula pasir, tuangkan santan, masak hingga ikan menjadi lunak dan kuahnya menyusut. kemudian angkat.
4. Sajikan dengan menata ikan di piring saji, lebih nikmat disantap dalam keadaan hangat.

Mudah kan buat gulai ikan mas nya.. demikian sekedar tips dan cara menyajikan hidangan yang enak dan lezat berbahan dasar ikan mas. silahkan ambil manfaat positif dan buang jauh-jauh segala hal yang negatifnya.. mohon saran dan koreksinya dalam kolom  komentar, agar apa yang menjadi kekurangan kami ini bisa lebih dipertanggungjawabkan dan lebih diperbaiki lagi, terimakasih.
Previous
Next Post »