Cara Memasak Gurami Asam Manis Yang Enak

Ikan gurami atau ikan yang bernama latin Osphronemus Goramy adalah sejenis ikan air tawar yang paling digemari untuk dikonsumsi di daerah asia tenggara dan selatan,ikan ini berasal dari perairan daerah sunda Jawa Barat. termasuk di indonesia sendiri ikan gurami banyak dijadikan sebagai bahan olahan masakan yang tidak kalah lezat dengan jenis ikan lainnya. apalagi ukuran ikan gurami yang begitu besar, malah bobotnya bisa mencapai 5 kg per ekor.. hal ini tentu menjadi salah satu alasan tersendiri karena dagingnya yang banyak dan juga gurih. beragam kuliner di indonesia yang begitu berpariasi salah satunya gurami asam manis yang banyak disediakan di rumah makan juga restaurant-restaurant setiap daerah.

Lalu bagaimana cara mengolah gurami asam manis agar menjadi sebuah hidangan yang spesial dan mampu membangkitkan selera?.. disini kami menyediakan sebuah tips dan resep untuk memasak ikan gurami asam manis secara bersih, higienis, dan menyehatkan. berikut adalah langkah-langkahnya;

Cara Memasak Gurami Asam Manis Yang Enak, resep ikan gurami yang lezat

Sediakan bahan seperti berikut ini;
1. Sediakan 1 ekor atau 400 gram ikan gurami.
2. Sediakan 2 buah wortel.
3. Sediakan 10 batang daun bawang merah.
4. Sediakan 2 buah cabai merah.
5. Sediakan 1 buah ketimun.
6. Sediakan bawang bombay secukupnya.
7. Sediakan buah nanas secukupnya.

Kumpulkan bumbu-bumbu seperti dibawah ini;
1. Sediakan 3 siung bawang putih.
2. Sediakan 1 sdm angciu.
3. Sediakan 1 sdm minyak ikan.
4. Sediakan 1 sdm minyak wijen.
5. Sediakan 1 sdm cuka.
6. Sediakan 5 sdm saus tomat
7. Sediakan 1 sdm tepung kanji/maizena.
8. Sediakan gula secukupnya.
9. Sediakan garam secukupnya.
10. Sediakan penyedap rasa secukupnya.
11. Sediakan 200 ml air matang.

Jejerkan semua alat dan bahan di tempat anda mau memasak, apabila semua bahan sudah terasa kumplit maka kita akan langsung memulai cara memasak gurami asam manis yang enak

1. Cuci ikan gurami sampai bersih, lalu sayat ikan menjadi 3 bagian di kedua sisinya. memarkan bawang putih dan cincang dengan halus. bubuhkan garam dan air jeruk nipis, kemudian masukkan ikan gurami ke dalamnya. biarkan selama 15 menit, lumuri gurami dengan tepung kanji.. kemudian goreng ikan hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
2. Untuk membuat sausnya; iris wortel, ketimun, bawang bombay, dan daun bawang merah berbentuk korek api. cabai merah diiris secara melintang, dan potong dadu buah nanas. memarkan bawang putih, cincang halus dan tumis hingga tercium wangi, tambahkan air dan biarkan sampai mendidih. kemudian masukkan bahan sayuran, tambahkan bahan angciu, minyak ikan, minyak wijen, cuka, gula, garam, penyedap rasa, dan saus tomat, dan tepung kanji yang sudah dilarutkan dalam sedikit air.
3. Tempatkan gurami di dalam wadah yang berukuran panjang agar pas untuk ukuran ikannya.

Ikan gurami asam manis pun telah siap untuk dihidangkan.. berhubung yang menjadi bahan utamanya adalah ikan, maka saya sarankan untuk memilih ikan gurami yang masih segar, karena itu mempunyai pengaruh besar untuk kualitas masakan. sekian resep yang yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita semua.. amin. sampai jumpa dan selamat mencoba di rumah.
Previous
Next Post »