Cara Memasak Gulai Kepala Kakap Yang Enak

Lagi-lagi ikan yang menjadi bahan dasar, tidak bisa dipungkiri bahwa ikan merupakan salah satu bahan masakan yang banyak diminati orang termasuk saya sendiri. karena ikan adalah merupakan sumber protein yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.. sudah beberapa jenis ikan yang saya share resepnya, dan pada kesempatan kali saya akan kembali memberikan resep ikan yang tidak kalah enak dengan resep ikan sebelumnya, yaitu gulai kepala kakap.. yang akan menjadi pemain utama pada masakan ini adalah kepala kakap merah, sebenarnya anda bisa menggunakan jenis ikan kakap apa saja, hanya kebetulan saya telah mempersiapkan kepala ikan kakap merah untuk dimasak pada momen yang berbahagia ini.

Cara Memasak Gulai Kepala Kakap Yang Enak, resep kepala ikan kakap

Sebenarnya untuk memasak gulai kepala kakap itu tidak terlalu rumit, hanya saja untuk mengolahnya kita memerlukan bahan yang lumayan banyak.. tapi anda tidak perlu khawatir karena saya akan membimbing anda semua dari mulai mengumpulkan bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya. agar tidak banyak mengulur waktu yuk mari langsung saja disimak uraiannya di bawah ini;
Bahan-bahan yang diperlukan;
1. Sediakan 500 gram kepala ikan kakap merah.
2. Sediakan 2 buah asam kandis.
3. Sediakan 3 lembar daun jeruk.
4. Sediakan 2 lembar daun salam.
5. Sediakan 2 batang serai (dimemarkan).
6. Sediakan 100 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa.
7. Sediakan 100 ml santan encer dari 1/2 butir kelapa.
8. Sediakan 4 sdm minyak goreng.
9. Sediakan 1 buah jeruk nipis (peras airnya).
Bumbu-bumbu yang diperlukan;
1. Sediakan 7 buah cabai merah.
2. Sediakan 3 siung bawang putih.
3. Sediakan 4 buah bawang merah.
4. Sediakan 2 cm kunyit.
5. Sediakan 2 cm jahe.
6. Sediakan 2 cm lengkuas.
7. Sediakan 1/2 sdm ketumbar.
8. Sediakan 1 sdt garam.
9. Sediakan 1 sdt gula pasir.
Berikut ini adalah cara memasak gulai kepala kakap yang enak, perhatikan dan cermati dengan seksama agar menghasilkan suatu hidangan yang menggairahkan. langkah pertama adalah;

1. Untuk bumbu: bakar cabai merah dan juga bawang merah. kupas jahe, kunyit dan lengkuas lalu potong-potong. sangrai ketumbar. kemudian masukkan semua bahan bumbu ke dalam blender dan proses hingga halus dan sisihkan. cuci bersih kepala ikan dan belah dua, lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan. kemudian panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. masukkan asam kandis, daun jeruk, daun salam dan serai, aduk hingga layu dan matang.
2. Masukkan kepala ikan, lalu timba-timba bumbunya ke atas ikan agar bumbu meresap. masaklah hingga kepala ikan matang dan berubah warna.
3. Masukkan 250 ml santan encer, pasang api yang tidak terlalu besar dan tutup. teruskan memasak selama 15 menit. kemudian tuang sisa santan encer, didihkan sambil sesekali santan ditimba ke atas kepala ikan agar bumbunya meresap.
4. Lalu masukkan sedikit demi sedikit santan kental sambil diaduk secara perlahan. kemudian didihkan kembali hingga kuah berminyak, angkat dan segera sajikan bersama roti jala.

Cukup mudah bukan? ... Demikian resep gulai kepala kakap yang akan sangat menggugah selera keluarga di rumah, semoga ini dapat menambah keharmonisan keluarga anda, amin. selain resep kepala ikan kakap juga masih banyak resep masakan lainnya yang lebih WAW!!! makanya terus pantau dan kunjungi blog kami untuk mendaptkan resep-resep terbaru dan enak tentunya.. sampai jumpa.
Previous
Next Post »